Secarik inspirasi saat merenung di kamar mandi.............

Minggu, 14 Agustus 2011

Harmonisasi Berbuka Puasa

Dug dug dug dug....
Tak tak tak.............
Dug dug dug...........

Eits ! Ini bukan suara drum sodara-sodara, ini juga bukan suara gendang, dan yang pasti ini bukan suara cicak lagi kawin di dalam tong bekas minyak tanah subsidi, ini adalah playlist yang paling ditunggu-tunggu umat islam yang sedang berlapar-lapar di bulan ramadhan, yang tidak lain tidak bukan yaitu 'bedug magrib' (eng ing eng). Jadi ga usah pasang kuda-kuda buat joget gitu lah, mending cek kalender jam magrib hari ini tetep jam 6 apa jadi jam 3.37 (ngarep aja terus)

Berbuka puasa adalah salah satu momen terpenting saat bulan ramadhan kaya gini nih. Coba aja kalo ga ada buka puasa, mau sampai kapan cacing ini berteriak 'om, kita ko dicuekin sih ?'

Mau curhat dikit gapapa kan ? Ehh blog gua ini, terserah gua dong mau ngapain, ko lu yang sewot ? Haaah sabar sabar. Gua lagi bingung nih gimana caranya ngatur jadwal buka bersama yang padat merayap persis sama kaya antrian WC umum di terminal baranang siang yang tarif nya selalu naik turun udah kaya sembako menjelang lebaran. Sempet kepikiran buat nyusun semua skejul itu dengan rapih, dimulai dari tanggal, agenda acara, sampe budget yang pastinya menguras isi dompet yang isinya gopean semua. Semuanya gua susun dan dibedakan menurut warna tulisan dan warna kertas yang berbeda-beda di dalam satu binder hello kity (sumpah bukan gua banget)

Tapi kadang gua suka mikir, kenapa harus dinamakan 'buka bersama' ? Toh emang yang namannya puasa ramadhan itu pasti waktu berbuka puasan untuk satu wilayah waktu yang sama magrib nya juga sama kan, dan buka puasannya juga pasti samaan kan ?
Mungkin istilah 'buka bersama' harus di upgrade menjadi 'buka bergerombol bersama-sama teman-teman sambil ngerumpi rame-rame hingga terkadang waktu tarawih terlewati'. Hmmm, tapi kalo dipikir-pikir itu terlalu panjang dan menghabiskan space saat sms. Mungkin memang 'buka bersama'-lah yang terbaik dari yang terbaik. Selamat buat yang menciptakan istilah itu, anda baru saja masuk buku besar istilah terpopuler dikalangan remaja manula.

Pengalaman gua selama puasa itu pasti banyak banget penyakit saat buka puasa. Salah satunya adalah pembengkakan rongga dinding lambung dan usus dikarenakan iritasi oleh as buah, kolak, mie golosor (bahasa kampung gue), nasi, ayam goreng, ayam bakar, ayam tiren, kandang ayam, atau mungkin disebabkan karna terlalu banyak mengkonsumsi biji buah kurma. Makannya, buka puasa rakus amat ! (lagi populer nih di iklan)

Buat setiap temen-temen gua jadwal buat buka puasa beda-beda. Kalo yang puasa bener-bener kan jadwal berbukannya itu pas magrib atau kira kira jam 6, nah tapi ada juga yang berbuka saat djuhur atau tengah hari bolong (dimana yang bolong sih ?), biasanya sih jam-jam segini yang buka itu anak-anak yang baru belajar puasa (entah kalo mereka-mereka yang gua liat itu termasuk baru belajar atau anak-anak). Tapi ga sedikit yang salah kaprah antara magrib dan jam 6, ada juga temen gua yang buka jam 6 pagi ! Hmmm, patut dicoba.

Ngomong-ngomong soal buka sebelum waktunya, banyak temen gua yang sok-sok-an ngikut buka bersama tapi udah buka duluan. Jadi bingung lagi kan harus disebut acara 'buka bersama' atau harus di refisi lagi jadi 'menunggu adzan magrib bersama teman-teman yang sebagian dari mereka berpuasa dan sebagian lagi tidak berpuasa sambil ngerumpi hingga berbuka puasa semuanya dan terkadang melewatkan tarawih'. Hmmm, tetep 'buka bersama'-lah yang dipakai.

Haaaaaah, betapa indahnya nuansa berbuka puasa. Sebulan dalam setahun gitu loh, siapa coba yang ga tergoda ? Gua aja baru bangun dari hibernasi siang kemaren sempet keceplosan tergoda untuk langsung berbuka (tapi engga jadi loh, suer tekewerkewer dech cyiiiin)

Catatan Kaca Kamar Mandi (untuk selanjutnya disingkat CKKM) : insyaallah tahun ini puasa gua full lagi, AMIIIIIIIIIIIIINNNN......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar